PROSES PEMBELIAN
- Definisi Manajemen Pembelian
Pembelian (purchasing) adalah suatu proses pencarian sumber dan pemesanan barang atau jasa untuk membantu fungsi prosuksi dalam kegiatan prosuksinya. Bagian yang menangani atau melakukan pembelian ini adalah Purchasing Department (Bagian Pembelian) atau biasa juga disebut Procurement Department (Bagian Pengadaan).
Proses pembelian adalah tindakan-tindakan yang dilakukan secara berurutan dalam kegiatan pembelian, atau kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh bagian pembelian.
- Peran Pembelian Dalam Perusahaan
Pembelian mempunyai peranan yang penting bagi perusahaan. Peranan tersebut antara lain sebagai berikut:
- Salah Satu Fungsi Penting Dalam Bisnis
Dalam perusaan selalu ada 6 fungsi pokok yang dijalankan, yaitu:
- creation function (Pencipta ide atau gagasan)
- finance function (Pengumpul, perencana dan pengawas keuangan)
- personnel function (Pengelola sumber daya manusia)
- purchasing function (Pengadaan barang/jasa)
- conversion function (Pengubah bahan produksi)
- distribution function (Penjualan barang/jasa yang dihasilkan).
Tanpa adanya salah satu fungsi diatas, sulit bagi perusahaan untuk dapat beroperasi dengan lancar. Sesuai dengan skala perusahaan beberapa bagian tersebut biasannya dapat dirangkap oleh satu atau dua bagian, tetapi bagian tersebut tetap harus ada dalam suatu perusahaan demi kelancaran perusahaan itu sendiri.
- Situasi Pembelian
Pembeli bisnis akan menghadapi banyak keputusan dalam melakukan suatu pembelian. Dan jumlah keputusan tersebut tergantung pada situasi pembelian, dimana terdiri dari:
- Pembelian ulang langsung; adalah situasi pembelian dimana departemen pembelian memesan ulang secara rutin dan biasanya sering dilakukan pemesanan secara otomatis sehingga agen pembelian dapat menghemat waktu pemesanan ulang.
- Pembelian ulang yang dimodifikasi; adalah situasi dimana pembeli ingin memodifikasi spesifikasi produk, harga, syarat-syarat pengiriman, dan lainnya. Hal ini biasanya melibatkan keputusan tambahan antara pembeli dan penjual.
- Tugas-tugas; adalah situasi pembelian dimana seorang pembeli membeli suatu barang/jasa untuk pertama kali. Semakin besar biaya, semakin banyak keputusan yang akan diambil dan semakin banyak informasi yang dibutuhkan, sehingga semakin lama waktu untuk penyelesaiannya, yang akhirnya dibutuhkan tugas-tugas yang lebih banyak.
- Proses Pembelian dalam Pasar Industri
Tahap-tahap proses pembelian di pasar industri:
- Mengenali masalah
Tahap dimana seseorang dalam perusahaan mengenali suatu masalah atau kebutuhan yang dapat dipenuhi dengan memperoleh produk
- Deskripsi kebutuhan umum
Tahap dimana perusahaan menguraikan karakteristik dan jumlah barang yamg dibu- tuhkan
- Spesifikasi produk, meliputi
- Spesifikasi teknis: tahap dimana organisasi pembeli memutuskan mengenai dan memutuskan karakteristik produk teknis terbaik dari barang-barang yamg dibutuhkan
- Analisis nilai: suatu pendekatan untuk pengurangan biaya, dimana semua komponen dipelajari secara seksama guna menentukan apakah dapat dirancang ulang, distan- dardisasi, atau dibuat dengan metode produksi yang tidak terlalu
- Pencarian pemasok
Tahap dimana pembeli mencoba mendapatkan penjual yang terbaik
- Pengumpulan proposal
Tahap dimana pembeli mengundang pemasok yang memenuhi persyaratan untuk memasukkan proposal
- Pemilihan pemasok
Tahap dimana pembeli meneliti usulan dan memilih satu/beberapa pemasok
- Spesifikasi pesanan rutin
Tahap dimana pembeli menulis pesanan akhir dengan satu pemasok atau pemasok-pemasok terpilih, menyebutkan spesifikasi teknis, jumlah yang diperlukan, waktu penye- rahan yang diharapkan, kebijakan pengembalian barang dan garansi
- Tinjauan ulang kinerja
Tahap dimana pembeli menilai kepuasan dengan para pemasok dan memutuskan apakah akan melanjutkan, memodifikasi atau meninggalkan pemasok.
Hubungan proses pembelian di pasar industri dengan jenis situasi membeli:
Tabel 1.1
Situasi Pembelian
Tahap-tahap proses pembelian | Situasi pembelian | ||
Tugas baru | Pembelian ulang dengan modifikasi | Pembelian ulang langsung | |
Mengenali masalah | Ya | Mungkin | Tidak |
Uraian kebutuhan secara umum | Ya | Mungkin | Tidak |
Spesifikasi produk/teknis | Ya | Ya | Ya |
Pencaria n pemasok | Ya | Mungkin | Tidak |
Pengumpulan proposal | Ya | Mungkin | Tidak |
Seleksi pemasok | Ya | Mungkin | Tidak |
Spesifikasi pesanan rutin | Ya | Mungkin | Tidak |
Penilain prestasi | Ya | Ya | Ya |
- Contoh Soal
- Sebutkan dan jelaskan proses pembelian dalam pasar industri!
- Sebutkan fungsi penting dalam bisnis
- Sebutkan dan jelaskan mengenai situasi pembelian!
DAFTAR PUSTAKA
Philip Kotler, manajemen Pemasaran, Jilid II Prenhallindo Jakarta, 1999
Sriyanto, “Pasar Industri Dan Perilaku Pembeli Di Pasar Industri”
Strategi Managemen Pembelian dan Suply Chain. http://www.docstoc.com/docs/20138701/Strategi-Manajemen-Pembelian-dan-Supply-Chain
https://belajarmanagement.wordpress.com/2009/06/22/situasi-pembelian-dalam-pasar-bisnis