kegiatan pengabdian masyarakat D3 Manajemen Pemasaran 2016


pengabdian

 

Pengabdian masyarakat D3 Manajemen Pemasaran 2016, Semenjak berpisah dengan Kota Banjar, sektor pariwisata di Kabupaten Ciamis mengalami kemerosotan. Saat ini tidak lebih dari 25 hotel dan restoran yang masih beroperasi. Pada dasarnya Kabupaten Ciamis memiliki potensi pariwisata yang besar untuk dikembangkan, akan tetapi masih perlu adanya perbaikan dari sisi infrastuktur tempat wisata maupun sektor pendukung pariwisata seperti hotel dan restoran. Hotel maupun restoran merupakan bisnis yang tidak lepas dari pelayanan (service). Setiap konsumen yang berkunjung ke hotel atau ke restoran pasti akan mengharapkan memperoleh pelayanan yang memuaskan. Apabila konsumen merasa puas maka akan terjadinya repeat buying.
Front liner merupakan salah satu bagian penting perusahaan yang menentukan tingkat kepuasan konsumen. Seorang front liner harus memiliki pengetahuan mengenai komunikasi verbal dan non verbal, penanganan pelanggan yang sulit, penggunaan teknologi dalam customer service, mengelola stress dan waktu, memelihara pelanggan loyal, pemulihan pelayanan, dan fokus di masa mendatang. Berdasarkan pentingnya peranan front liner dalam upaya mendukung perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Ciamis, maka Program Studi D3 Manajemen Pemasaran tertarik untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan menggunakan metode pemaparan materi, sharing session dan role play.


Leave a Reply