Consumer oriented sales promotion (COSP) dan Trade oriented sales promotion (TOSP)


Consumer oriented sales promotion (COSP)

3 tujuan umum COSP

  1. Menghasilkan pembelian percobaan
  2. Mendorong pembelian ulang
  3. Memperkuat citra merek

COSP memberikan imbalan kepada konsumen :

  1. Imbalan langsung penghematan yang langsung diberikan setelah konsumen melakukan perlakuang yang dspesifikasi oleh pemasar.
  2. Imbalan yang tertunda imbalan yang mengikuti perilaku tersebut selama periode tertentu

 

Jenis-Jenis COSP

  1. SAMPLING

Samplong : metode yang di gunakan untuk menyampaikan produk actual atau trial-sized kepada para konsumen dengan menghasilkan penggunakan percobaan.

  1. Metode-metode distribusi sampling :
  • Pos Sampling
  • Surat kabar dan majalah
  • Dari pintu ke pintu oleh kru khusus
  • Sampling on-or-in-pack
  • Lokasi lalu lintas yang ramai
  • Sampling in store

 

  1. Sampling harus lintas yang ramai :
  • Merek baru jelas lebih unggul dari merek-merek lain.
  • Konsep produk sangat inovatif sehingga sulit dikonmunikasina dengan iklan saja
  • Anggaran promosi dapat menghasilkan percobaan konsumen dengan cepat

 

  1. Masalah-Masalah yang dihadapi dalam metode sampling :
  • Mahal
  • Pengiriman sample dalam jumlah besar merepotkan jasa pos atau distribusi lainnya.
  • Sampel yang dibagian dilokasi lalulntas mungkin boros dan tidak menjangkau pelanggan potensial
  • Sampling in-or-on-package tidak melibatkan para komsumen yang bukan pembeli merek itu
  • Sampling in store seringkali gagal menjangkau konsumen yang cukup untuk menutup biayanya
  • Sampel dapat disalahgunakan konsumen

 

  1. KUPON
  • Adalah sarana promosi yang memberikan penghematan cents-off kepada konsumen bila menebusnya

 

  1. PREMIUN
  • Merupakan astikel barang dagangan atau jasa yang ditawarkan oleh para produsen untuk mendorong tindakan dipihak wiraniaga,representative perdagangan, atau konsumen
  • Premium memiliki kemampuan untuk :
  • Menghasilkan pembelian baru
  • Memperkenalkan merek baru
  • Meningkatkan exposure display
  • Meningkatkan ekuitas merek

Jenis – Jenis Premium :

  1. premium free-in-the-mail

konsumen menerima item premium dari produsen yang mensponsorinya sebagai imbalan

  1. premium in-on-and near-pack

menawarkan item premium di dalam atau ditempatkan atau menjadikan paket itu sendiri sebagai paket

  1. self-liquidating premium

konsumen mengirimkan sejumlah bukti pembelian yang disyaratkan bersama dengan uang untuk menutup biaya pembelian,penanganan

  1. kartu telpon

dilakukan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan konsumen haadiah tertunda

 

  1. PRICE OFF

Promosi price-offs memberikan pengurangan harga merek yang biasa dan dicantukan secara mencolok pada paket,tujuan :

 

  • Memberikan imbalan kepada pemakai merek yang sekarang
  • Membuat konsumen membeli kuantitas merek besar
  • Membentuk pola pembelian ulang

 

  1. PAKET BONUS

Merupakan kuntitas produk ekstra yang diberikan perusahaan kepada kkonsumen

dengan harga biasa

 

  1. RABAT/REFUNDS
  • Rabat / refunds adalah praktek dimana produsen memberikan diskon tunai atau penggantian kepada konsumen yang menyerahkan bukti pembelian .
  • Tujan untuk mempertahankan pelanggan dengan mendorong mereka melakukan pembelian ulang atau dukungan diskon tunai.

 

  1. KONTES DAN UNDIAN

Diguanakan terutama untuk meningkatkan citra merek

 

  1. PROMOSI KONTUITAS
  • Program ini memberikan imbalan kepada konsumen yang melakukan pembelian ulang atas merek tertentu berupa pengurangan harga atau barang gratis
  • Program poin ini juga dapat mendorong konsumen yang loyalitasnya terpecah di antara beberapa merek,untuk membeli lebih sering merek yang memiliki poin-poin promosi

 

 

  1. PROMOSI MELALUI INTERNET

Internet merupakan media utama promosi yang berrientasi konsumen

 

  1. PROMOSI TIE-IN DAN OVERLAY
  • Promosi tie-in
    • merupakan promosi simultan atas berbagai merek pada sebuah usaha promosi
    • perusahaan menggunakan tie-in untuk menghasilkan peningkatan penjualan,merangsang minat pedagang dan konsumen , serta mengoptimalkan penggunakan anggaran promosi merek.
  • Program iverlay/kombinasi
  • Merupakan penggunaan dua atau lebih teknik promosi penjualan secara bersamaan

 

  1. PROMOSI PENGECER

Saat ini promosi juga banyak lancarkan oleh para penger dengan tujuan menungkatkan lalu lintas toko dan menawarkan konsumen diskon harga yang menarik atau deal lainnya

Trade oriented sales promotion (TOSP)

 

TOSP adalah yang berorientasi pada pedangan dengan imbalan yang diberikan kepada grosir dan perusahaan untuk melakukan kegiatan yang mendukung merek produsen missal dengan cara menyediakan display khusus.

 

Jenis-jenis ;

  • Trade allowance : imbalan kepada grosir dan pengecer agar melaksanakan kegiatan yang mendukung merek pengecer

Bentuk-bentuk :

  • Sloting allowance : biaya yang dikeluarkan produsen untuk mendapatkan slot display

 

  • Billback allowance : display khusus yang disediakan untuk penger dan untuk memperoleh allowance di perusahaan
  • Off invoice allowances : pengurangan harga sementara meerk tertentu

 

  • Periklanan kooperatif : perjanjian antara penjual dimana produsen akan membayar semua biaya periklanan yang akan dilakukan

 

  • Kontes dan insentif pedangan : diseimbangkan produsen untuk mendukung kinerja dari manajemen ritel

 

  • Periklanan khusus : bentuk gabungan dari komunikasi pemasaran yang menggunakan artikel barang dengan untuk menyampaikan pesan perusahaan

 

  • Pameran perdagangan : Forum sementara bagi para penjual untuk mempereolehkan barang mereka kepada calon pembeli

 


Leave a Reply